About

Rabu, 12 September 2012

Cara Menginstal Ulang Windows XP


Langkah 1

Tekan F8 (I agree) pada screen Licensing Agreement Windows XP dan biarkan sistem mempersiapkan file-file yang akan digunakan dalam proses installasi.

Langkah 2

Tahap ke dua adalah melakukan pembagian partisi. Pada tutorial ini saya menggunakan hardisk berkapasitas 40Gb dan akan dibagi ke dalam 2 partisi (masing-masing 20Gb). Sebelumnya, terdapat beberapa tombol pintas yang harus Anda ketahui.
Tombol C = Create Partition untuk membuat partisi baru.
Tombol D = Delete Partition untuk menghapus partisi.
Tekan C untuk membuat partisi baru dan masukan jumlah kapasitas (dalam Mb) yang akan digunakan untuk partisi baru, misal: 20000 yang artinya partisi baru kita akan berkapasitas 20000Mb atau 20 Gb. Kemudian tekan Enter.

Cara Install Windows XP - Membuat Partisi

Lakukan hal yang sama pada hardisk yang belum dipartisi (Unpartitioned space) sehinga menjadi parisi baru, lihat gambar di bawah.

Cara Install Windows XP - Partisi pada Win XP

Pilih partisi C (paling atas) kemudian lakukan format seperti pada gambar di bawah. Tunggu sampai proses format selesai dan biarkan komputer melakukan restart.

Format

Langkah 3

Setelah komputer melakukan restart maka akan masuk kedalam tampilan Log On Screen Windows XP, dan selanjutnya akan mulai melakukan proses installasi.

Regional and Language Options 
Selanjutnya Anda bisa melakukan pengaturan format nomor, mata uang, watu dan tanggal ke dalam bahasa Indonesia dengan mengklik "Customize..." seperti gambar di bawah. Atau Anda juga bisa membiarkannya kedalam pengaturan standar dan langsung menekan tombol "Next".

Regional and Language Options

Personalize Your Software
Silakan isi sesuai Nama dan Organisasi Anda, bisa juga mengarang. Kemudian Next.

Personalize Your Software

Your Product Key
Isi dengan nomor seri (product key) yang biasanya terdapat pada CD Windows XP.

Your Product Key

Date and Time Settings 
Silakan sesuaikan Tanggal dan Jam juga Time Zone (untuk Indonesia time zonenya adalah GMT +7).

Date and Time Settings

Workgroup or Computer Domain 
Pada pengaturan "Workgroup or Computer Domain" biarkan saja sesuai default kemudian tekan "Next". Tunggu beberapa saat dan komputer akan kembali melakukan restart.

Workgroup or Computer Domain

hmmm... lama juga ya :D tenang, sebentar lagi ko... :) 

Langkah 4

Sekarang sistem akan melakukan adaptasi dengan perangkat PC/Laptop, Klik "Ok" pada jendela "Display Setting dan Monitor Settings". Klik "Next" jika jendela Selamat datang terbuka, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi update, Anda bisa memilih update otomatis atau tidak (Not right now) kemudian "Next".

Cara Install Windows XP

"Skip" pada pengaturan Konektivitas internet.

Internet Connectivity

Pilih "No, not at this time" jika Anda tidak terhubung dengan internet, lanjut "Next".

Register

Selanjutnya Anda diminta mengisi nama pengguna, silakan masukan Nama Anda. "Next" dan terakhir "Finish" yang menandakan bahwa proses instalasi telah selesai. :D Tunggu beberapa saat dan... selamat datang di Windows XP :)

Cara Install Windows XP

Semoga ini dapat membantu dan mohon maaf jika bahasa yang saya gunakan rancu dan susah difahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar